Forwarder Import Jakarta

Forwarder Import Jakarta

Setau kami beberapa perusahaan forwarder yang ada di Jakarta sangat berpengalaman menangani import shipments sebaliknya juga ada beberapa perusahaan forwarder yang sangat berpengalaman menangani export shipments. Tapi juga ada beberapa perusahaan baik forwarder di Jakarta yang bisa menangani kedua shipments – export maupun import – secara baik dan berpengalaman.

Bicara mengenai penanganan import shipments Multitrans Lintas Samudera juga sangat berpengalaman menangani import shipments khususnya untuk import shipments dengan kondisi ex works. Ex Works artinya kami menangani import shipments dengan kondisi door to port. Jadi kami nanti akan bertanggung jawab mengambil cargo import dari negara asal dan memastikan cargo tersebut tiba di pelabuhan Jakarta baik pelabuhan laut ataupun pelabuhan udara / bandara dalam kondisi baik. Begitu cargo tiba di pelabuhan Jakarta atau di Bandara Soekarno Hatta selanjutnya pihak importir yang melakukan proses pengeluaran barang di Bea Cukai. Multitrans Lintas Samudera tidak menangani proses customs atau proses pengeluaran barang di Bea Cukai. Kenapa demikian ? Karena mayoritas perusahaan import di Jakarta sudah punya sendiri perusahaan customs broker yang tugasnya memang menangani proses pengeluaran cargo di Bea Cukai. Umumnya perusahaan importir sudah memakai jasa perusahaan customs broker mereka bertahun tahun bahkan ada yang sudah lebih dari 7 tahun. Jadi dalam banyak kasus kalaupun kami tawarkan pelayanan pengeluaran barang di Bea Cukai umumnya perusahaan importir tersebut menolak tawaran kami karena mereka sudah bertahun tahun menggunakan pelayanan proses pengeluaran barang menggunakan jasa customs broker mereka sendiri.

Forwarder Import Jakarta

Untuk beberapa orang bisa jadi merasa bahwa proses pengeluaran barang di Bea Cukai cukup rumit dan akan memakan waktu lama. Sebenarnya tidak seperti itu juga. Dalam proses pengeluaran cargo di Bea Cukai sebenarnya selama semua dokumen import yang dibutuhkan Bea Cukai benar benar sudah disiapkan perusahaan importir jauh jauh hari sebelum cargo tiba di pelabuhan dan kondisi cargo yang diimport benar benar sesuai dengan semua dokumen import yang telah disiapkan maka proses pengeluaran barang tentunya akan berjalan normal tanpa harus dicek fisik cargo di Bea Cukai.

Jadi sekali lagi pastikan bahwa semua dokumen import yang disiapkan perusahaan importir adalah benar dan lengkap jauh jauh hari sebelum cargo tiba di pelabuhan Jakarta dan kondisi real barang juga benar benar sesuai dengan semua dokumen import yang sudah disiapkan tersebut. Sama sekali tidak ada perbedaan antara kondisi real cargo dengan dokumen import yang disiapkan. Jangan sampai terjadi di dokumen import yang sudah disiapkan tertera cargo berupa spare parts mesin tapi ternyata kondisi real cargo justru berupa bahan makanan yang jelas jelas berbeda dengan kondisi dokumen import yang sudah dilaporkan dalam dokumen Permohonan Import Barang / PIB.

 

Forwarder Import Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *